Cara Cepat Menguasai 16 Tenses Bahasa Inggris Dalam Waktu Singkat



Cara Cepat Menguasai 16 Tenses Bahasa Inggris Dalam Waktu Singkat - Hai teman – teman! Apakah kalian telah memahami apa yang dimaksud dengan tenses dan ke 16 jenis tenses tersebut? Apakah kalian merasa sulit saat mempelajari jenis – jenis tensestersebut? Mempelajari tensessebenarnya dapat dilakukan dengan mudah lho. Berikut ini saya akan menyajikan cara cepat menguasai 16 tenses Bahasa Inggris dalam waktu singkat.




Cara Cepat Menguasai 16 Tenses Bahasa Inggris Dalam Waktu Singkat

 
Pertama – tama, kalian harus mengetahui arti dari tenses. Tenses secara bahasa berarti ‘waktu’. Dalam setiap membuat kalimat, kita pasti akan menemukan adanya ‘waktu’ atau tenses tersebut, akan tetapi tenses dapat berbeda – beda pada setiap kalimat sesuai dengan waktu dan sifat dari kejadian dalam kalimat tersebut.

Menurut waktunya, tenses terbagi menjadi 4 bagian, yaitu:
·         Present                        : Masa kini / sekarang
·         Past                             : Masa lalu / lampau
·         Future                          : Masa yang akan datang
·         Past Future                   : Masa yang akan datang yang terjadi pada masa lampau

Sedangkan menurut sifatnya, tenses juga terbagi menjadi 4 bagian, yaitu:
·         Simple                         : Kejadian yang tidak sedang berlangsung
·         Continous                    : Kejadian yang sedang berlangsung
·         Perfect                         : Kejadian yang sudah dimulai dan telah selesai
·         Perfect Continous         : Kejadian yang sudah dimulai dan masih berlangsung hingga
waktu tertentu.
 
Kedua, dalam mempelajari tenses, ada beberapa hal yang harus kalian ingat dan terapkan.
1.      Pertama, kalian harus paham akan kata kerja dalam Bahasa Inggris. Dalam Bahasa Inggris, kata kerja terbagi menjadi 2, yaitu Reguler Verbs dan Irregular Verbs. Kata kerja yang termasuk ke dalam salah satu jenis tersebut memang tidak bisa diingat kalau tidak dihapal. Jadi, berusahalah untuk menghapal bentuk kata kerja tersebut agar memudahkan kalian saat membuat kalimat tenses.

2.      Kedua, kalian harus memahami pembagian tenses menurut waktunya. Saat membuat kalimat, ingatlah waktu yang ingin kalian gunakan, apakah pada masa sekarang, masa lampau, masa depan, ataupun masa yang akan datang pada waktu lampau.

3.      Ketiga, kalian harus memahami pembagian tenses menurut sifatnya. Saat membuat kalimat, ingatlah aktivitas atau kejadian yang kalian buat tersebut tidak berlangsung, sedang berlangsung, sudah dimulai dan telah selesai, atau sudah dimulai dan masih berlangsung hingga saat tertentu.

4.      Keempat, kalian harus banyak berlatih. Berlatihlah untuk membuat kalimat – kalimat tenses dengan menggabungkan antara waktu dan sifat dari tenses tersebut. Semakin banyak kalian berlatih, kalian akan semakin hapal dan semakin pandai dalam empelajari tenses. Ingatlah bahwa “Practice makes perfect!”. Semoga berhasil!

Nah teman – teman, demikianlah cara cepat menguasai 16 tenses Bahasa Inggris dalam waktu singkat. Semoga bermanfaat bagi kalian dan kalian dapat mempelajari tenses dengan cepat. Terima kasih. 

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon