Spoof Text, Penjelasan, dan Contoh TERLENGKAP

Spoof Text, Penjelasan dan Contoh TERLENGKAP

SpoofText, Penjelasan dan Contoh TERLENGKAP - Teman teman ingin tahu apa itu Spoof Text Atau sedang mencari kumpulan contoh spoof text beserta artinya? Nah kebetulan sekali pada artikelkali ini admin akan mengupas tuntas apa definition Spoof Text dan tentunya kami memberikancontohnya sekalian untuk menambah pemahaman anda tentang apa itu Spoof Text. Chekidot!!!!

Pengertian Spoof Text dan Contohnya

1. Pengertian Spoof Text
Spoof text is a text which tells a factual story happened in the past with unpredictable and funny ending.
Spoof Text adalah teks yang menceritakan tentang suatu kejadian yang terjadi pada masa lampau dengan akhir yang tidak dapat diprediksi dan lucu, biasanya terdapat anekdot, permainan kata-kata lucu, atau gabungan antara keduanya.
Meskipun Spoof Text menceritakan hal yang terjadi pada mass lampua seperti halnya cerita dalam Narrative Text, akan tetapi terdapat perbedaan antara kedua jenis text tersebut. Narrative text menceritakan kejadian pada masa lampau yang bertujuan untuk menghibur para pembaca dan mengandung suatu hikmah dibalik cerita tersebut yang dapat dipetik oleh para pembaca. Lain halnya dengan Spoof Text yang menceritakan kejadian pada masa lampau yang bertujuan untuk menghibur para pembaca yang menitik beratkan pada akhir yang menyimpang atau kelucuan di akhir cerita bukan pada hikmah yang dapat dipetik oleh para pembaca.

2. Tujuan Spoof Text
Tujuan dari Spoof Text yaitu menceritakan suatu cerita fiktif dengan gaya humor untuk menghibur para pembaca.

3. Generic Structure of Spoof Text
Spoof text memiliki generic structure yang berbeda dengan Narrative Text, yaitu:
-          Orientation      : Bagian ini penulis mengenalkan kepada para pembaca mengenai tokoh, penokohan, latar, setting, dan sebagainya.
-          Event               : Bagian ini penulis menuliskan kejadian atau peristiwa cerita dalam tahap yang wajar kepada para pembaca.
-          Twist               : Bagian ini merupakan akhir cerita dimana sang penulis membuat akhir dari cerita tersebut menjadi lucu atau tidak terduga yang berupa pelesetan.
             
4. Ciri-Ciri Spoof Text
- Spoof Text menggunakan Past Tense (was, were, visited, ate, dll) karena menceritakan kejadian yang terjadi pada masa lampau.
- Spoof Text menggunakan kata kerja aksi atau Action Verb (ran, went, walked, played, dll)
- Spoof Text menggunakan keterangan tempat (Adverb of Place: there, at her house, at canteen, etc) dan keterangan waktu (Adverb of Time: yesterday, two weeks ago, a couple of days ago, etc.)

5. Contoh Spoof Text Singkat

The Cake Seller
One day, a president of a country was walking near the highway to control the condition there. He looked at a cake seller near the highway. The cake seller looked very tired cakes but she could still smile while selling her cakes.
The president, then, approached her and intended to ask her some questions. He said, ”How long have you been selling these cakes?” The seller answered, “I have been selling these cakes for about 30 years.” The president, then, got curious knowing that the seller sold the cakes alone without any one of her children help her. “Then, where are your children? Why is there no one of them help you selling the cakes?”, asked the president. The seller replied, “I have 3 children: the first one works in Police Station, the second one works in Judiciary, and the last one works in House of Representative. They are very busy people, Sir.” Hearing what the seller said, the president was speechless and adored her so much.
Then, the president gave a speech in front of his people near to him with a big confidence, “This seller only sells cakes near the highway, but she can make her children successful and honest people, because if they did corrupt they would live a luxurious and glamour life.” The president took the mic after giving speech and talked to the seller. He asked,  “What are the positions of your children in Police Station, Judiciary, and House of Representative?” Then the seller replied innocently, “Just like what I do, they also sell cakes there”.

Penjelasan:
- Orientation:
Pada bagian Orientation (Paragraf 1) penulis mengenalkan tokoh dalam cerita, yaitu the president and the cake seller. Selain itu, penulis juga mengenalkan latar tempat terjadinya cerita tersebut.
- Event:
Pada bagian Event (Paragraf 2) penulis menjelaskan peristiwa atau kejadian dalam cerita yang mana dalam cerita ini penulis menjelaskan kejadian dimana presiden mendekati penjual kue dan menanyakan beberapa pertanyaan kepadanya.


- Twist:
Pada bagian Twist (Paragraf 3) penulis mengakhiri cerita tersebut dengan akhir yang tidak diduga-duga dan membuat akhir cerita tersebut menjadi lucu dengan menceritakan bahwa ketiga anak si penjual kue memiliki pekerjaan yang sama dengan penjual kue tersebut, yaitu menjual kue di Kantor Kepolisian, Kantor Kejaksaan, dan DPR.


Demikianlah pembahasan Spoof Text Singkat Secara Mendalam. Nantikan artikel selanjutnya yang akan membagikan Kumpulan Contoh Spoof Text Beserta Artinya. Baca juga Pengertian dan Contoh lengkap Discussion Text. Mudah – mudahan artikel diatas bisa bermanfaat bagi kita semua. Thank you!!!!

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon