Kupas Tuntas Perbedaan TOEFL dan IELTS


Kupas Tuntas Perbedaan TOEFL dan IELTS - Hi teman – teman ! Apakah kalian sudah pernah mendengar kata – kata “TOEFL” dan “IELTS” sebelumnya? Baik TOEFL dan IELTS merupakan dua jenis tes yang mengukur kemampuan Bahasa Inggris seseorang ketika ingin melanjutkan studi ataupun hal lain yang berhubungan dengan Bahasa Inggris. Lalu apakah TOEFL dan ILETS itu berbeda? Berikut saya akan menyajikan perbedaan TOEFL dan IELTS.





Perbedaan TOEFL dan IELTS


1. Syarat Universitas

Sebelum kalian memutuskan apakah ingin mengikuti tes TOEFL atau IELTS, kalian harus membaca persyaratan yang diajukan oleh universitas tempat kalian akan mendaftar, apakah universitas tersebut mengharuskan kalian untuk melakukan tes TOEFL atau IELTS. Tes TOEFL pada umumnya diminta oleh negara Amerika Serikat dan Kanada, sedangkan tes IELTS oleh negara Australia, Inggris, dan Selandia Baru.


2. Cara Pengambilan Tes

Cara pengambilan tes TOEFL dan IELTS berbeda. Untuk TOEFL IBT (Internet Based Test), kamu akan diminta untuk merekam semua jawabanmu di komputer, sedangkan untuk IELTS kamu akan diminta untuk menulis semua jawabanmu secara tulis tangan.


3. Cara Penilaian Tes

Cara penilaian tes TOEFL dan IELTS pun berbeda. Pada tes TOEFL IBT, nilai maksimal adalah 120 dimana untuk masing - masing section/bagian (listening, reading, speaking, writing) memiliki nilai maksimal 30 yang kemudian akan dikumulasikan. Pada tes IELTS, nilai untuk setiap bagian/sectionnya adalah 0-9 dimana nilai tersebut akan diratakan dalam skor akhir dengan rentang 0-9.


4. Jenis Bahasa Inggris yang Digunakan

Jenis Bahasa Inggris yang digunakan untuk kedua tes tersebut juga berbeda. Tes TOEFL menggunakan jenis American English (Bahasa Inggris Amerika), sedangkan tes IELTS menggunakan jenis British English (Bahasa Inggris Britania). Kedua jenis Bahasa Inggris tersebut memiliki logat dan beberapa kosakata yang berbeda.


5. Listening Section

Pada tes TOEFL, kamu akan mendengarkan berbagai rekaman pendek dan kamu menjawab pertanyaan yang ada ketika kamu selesai mendengarkan rekaman tersebut. Sedangkan pada tes IELTS, kamu menjawab pertanyaan yang disediakan seraya mendengarkan rekaman tersebut.


6. Reading Section

Pada tes TOEFL, kamu akan dihadapkan dengan 3-5 teks dengan pertanyaan berupa pilihan ganda untuk setiap teksnya, sedangkan pada tes IELTS kamu akan dihadapkan dengan 3 teks dengan pertanyaan campuran.


7. Speaking Section

Pada tes TOEFL IBT, kamu akan merekam jawaban kamu di sebuah komputer dari beberapa pertanyaan yang akan ditanyakan, sedangkan pada tes IELTS kamu akan berhadapan langsung dengan pembicara aslinya yang akan menilaimu dengan durasi 12-14 menit.


8. Writing Section

Pada tes TOEFL, pada bagian pertama kamu akan diminta untuk membuat sebuah tulisan dari topik yang telah ditentukan sebanyak 300-350 kata dan pada bagian kedua kamu akan diminta untuk membuat esai yang akan menggabungkan kemampuan mendengar dan emnulismu. Sedangkan pada tes IELTS, kamu akan diminta untuk membuat esai sebanyak 200-250 kata pada bagian pertama dan pada bagian kedua kamu akan diminta untuk membuat kesimpulan dari informasi grafik.


9. Durasi Tes

Pada tes TOEFL IBT, durasi yang dibutuhkan adalah sekitar 4 jam, sedangkan pada tes IELTS durasi yang dibutuhkan lebih singkat yakni 2 jam 45 menit.


10. Biaya Tes

Biaya tes untuk TOEFL IBT dan IELTS relatif sama dan tidak murah lho. Untuk TOEFL IBT, biaya yang diperlukan adalah sekitar $175, sedangkan untuk IELTS sekitar $195.


Demikianlah teman – teman perbedaan TOEFL dan IELTS. Semoga dapat membantu kalian dalam menentukan mana tes kemampuan Bahasa Inggris yang akan kalian pilih. Terima kasih.



You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon