10 Metode Pembelajaran Bahasa Inggris yang Efektif

10 Metode Pembelajaran Bahasa Inggris yang Efektif - Hai sobat, mengajar Bahasa Inggris bukanlah merupakan hal yang mudah. Para guru harus dapat mengenali siswanya dengan baik sehingga mereka dapat dengan mudah menentukan metode apa yang cocok untuk digunakan agar para siswa dapat belajar Bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan. Berikut ini saya akan menyajikan beberapa metode pembelajaran Bahasa Inggris.


Metode Pembelajaran Bahasa Inggris yang Efektif


Grammar Translation Method (GTM)

Grammar Translation Method merupakan metode pembelajaran Bahasa Inggris yang paling lama dan meruoakan metode pertama. Metode ini menekankan pada grammar dan struktur kebahasaan. Melalui metode ini, para siswa diajarkan melalui translation atau menerjemahkan bahasa atau tulisan dalam Bahasa Inggris yang mereka baca ke dalam bahasa sehari – hari mereka. Metode ini juga mengajarkan kosakata dan rumus tata bahasa. Menurut metode ini, dengan mempelajari struktur kebahasaan atau grammar, para siswa akan lebih mengerti akan bahasa itu sendiri.

Audio Lingual Method (ALM)

Audio Lingual Method merupakan metode yang menekankan pada pendengaran (listening) dan berbicara (speaking). Metode ini menggunakan sistem drilling, yaitu pengulangan akan bahasa yang diucapkan secara terus menerus. Metode ini diawali dengan pengucapan sebuah dialog singkat dalam target bahasa dan tanpa diterjemahkan ke dalam bahasa pertama para siswa. Para siswa diharuskan mendengar terlebih dahulu, lalu mereka mulai belajar untuk berbicara dalam bahasa target, baru kemudian mereka membaca dialog yang telah mereka praktekkan dan menulisnya. Metode ini bagus untuk melatih pendengaran dan berbicara siswa dalam waktu yang singkat.

Silent Way Method

Silent way merupakan metode pembelajaran bahasa dengan menggunakan media, seperti rods atau batang, dan alfabet yang dituliskan dalam warna yang berbeda. Dengan menggunakan alfabet yang berbeda warna, guru akan dapat mengajarkan pengucapan suatu huruf atau kata dengan benar dan membuat siswa mudah untuk menginagtnya dikarenakan warna dari alfabet yang berbeda tersebut. Selain itu, jika guru mengajar dengan menggunakan rods, guru akan dapat mengajarkan banyak hal, mulai dari yang mudah seperti mengajarkan warna hingga yang kompleks seperti mengajarkan tenses. Dengan mengajar sebuah target bahasa menggunakan metode ini, para siswa akan dapat serius dalam belajar dan dapat memperbaiki dirinya dengan benar jika ia melakukan kesalahan karena metode ini membangun inner criteria dari para siswa itu sendiri.

Total Physical Response (TPR)

Total Physical Response merupakan metode pembelajaran Bahasa Inggris yang menggunakan aktivitas fisik. Metode ini juga lebih banyak dalam menggunakan kalimat perintah. Selain iu, dalam metode ini, guru diharuskan mengulang sebuah gerakan sebanyak dua atau tiga kali sampai siswa berhasil memahami apa yang dimaksud oleh sang guru karena guru tidak akan menerjemahkan kata atau kelimat perintah yang ia ucapkan kepada para siswa. Sama halnya dengan Audio Lingual Method, metode ini juga mengajarkan listening terlebih dahulu, speaking, reading, dan kemudian writing.

Sobat, demikianlah beberapa Metode pembelajaran Bahasa Inggris yang dapat digunakan guru dalam mengaajarkan Bahasa Inggris agar para siswa dapat mempelajari dan memahami Bahasa Inggris dengan mudah. Semoga bermanfaat!


You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon