Panduan Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif

Panduan Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif

Panduan Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif - Bahasa Inggris. Apa yang teman-teman pikirkan saat kalian mendengar kata-kata tersebut? Sulit? Payah? Susah dimengerti? Bahasa Inggris sebenarnya bahasa yang mudah untuk dipelajari jika teman-teman Rumah Bahasa Inggris tau beberapa trik atau cara mudah belajar bahasa Inggris. Nah, kali ini saya akan memberitahukan kepada teman-temab beberapa cara mudah untuk belajar Bahasa Inggris.

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Efektif

1. Perbanyak kosakata (VOCABULARY)

Memperbanyak kosakata merupakan hal yang paling penting saat teman-teman mempelajari bahasa, termasuk Bahasa Inggris. Dengan banyaknya perbendaharaan kosakata yang kalian miliki, kalian akan lebih mudah untuk berbicara dalam  Bahasa Inggris. Memperbanyak kosakata dapat dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan membaca kamus, baik kamus biasa atau kamus bergambar yang lebih menarik dan lebih mudah untuk dipahami. Selain itu, kalian juga dapat memperbanyak kosakata Bahasa Inggris kalian dengan mengartikan setiap benda, makhluk hidup, ataupun hal-hal lainnya yang ada disekitar kalian kedalam Bahasa Inggris.

2. Perbanyak mendengar lagu berbahasa Inggris

Mendengarkan lagu merupakan hobi kebanyakan orang. Hampir setiap saat ketika kita sedih ataupun senang, kita mendengarkan lagu. Tapi tahukah kalian bahwa mendengarkan lagu berbahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kalian? Mendengarkan lagu berbahasa Inggris sama saja seperti latihan listeningdi sekolah. Bedanya, kita lebih menikmati dan mendengarkan kata per kata dengan lebih rileks. Mulailah untuk mendengarkan lagu berbahasa Inggris, perhatikan baik – baik liriknya, dan terkalah lirik yang diucapkan penyanyi tersebut. Jangan lupa untuk mencari arti dari kata yang tidak kalian mengerti untuk menambah kosakata kalian. Baca juga artikel lainnya Cara Jitu Meningkatkan Listening Dalam Bahasa Inggris.




3. Bacalah sesuatu yang berbahasa Inggris

Membaca merupakan hal yang dilakukan semua orang setiap hari. Membaca bukan berarti harus duduk diam, memegang buku tebal dan membacanya. Membaca berarti kita melihat sebuah tulisan dan memahami tulisan tersebut. Hal yang sama berlaku pula saat kalian belajar Bahasa Inggris. Mulailah untuk membaca sesuatu dalam bahasa Inggris. Jika kalian menyukai komik atau novel, mulailah untuk membaca komik atau novel berbahasa Inggris. Akan tetapi, jika kalian kurang menyukai membaca komik ataupun novel, kalian bisa membaca slogan, pengumuman, ataupun iklan dalam bahasa Inggris. Semakin banyak kalian membaca sesuatu dalam bahasa Inggris, kosakata dan pengetahuan bahasa Inggris kalian akan meningkat.

4. Mulailah untuk menuliskan sesuatu dalam Bahasa Inggris

Menulis bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Pada era ini kita tidak hanya menulis di buku, kita bahkan dapat menulis di laptop, handphone, tablet, dan sebagainya, yang biasa kita sebut dengan mengetik. Teman-teman dapat memulai untuk menuliskan sesuatu dalam bahasa Inggris, tidak hanya berupa surat, melainkan dalam bentuk SMS, chat, status atau pun caption di media sosial. Kalian tidak perlu menuliskan satu halaman penuh ataupun mengetik beratus-ratus kata, cukup dimulai dengan beberapa kata dalam bahasa Inggris dan kalian akan terbiasa untuk menulis dalam Bahasa Inggris.

5. Beranilah untuk mulai berbicara dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris tidak dengan mudah dapat dikuasai seseorang jika orang tersebut tidak membiasakan dirinya berbicara dalam Bahasa Inggris. Bahasa adalah suatu pembiasaan, jadi jika teman-teman ingin berbahasa Inggris yang lancar, mulailah untuk berani berbicara dalam Bahasa Inggris. Kalian dapat berbicara sedikit demi sedikit kepada adik, kakak, orang tua, ataupun teman-teman kalian setiap harinya. Baca juga Tips sukses lancar berbicara bahasa inggris.

6. Menonton film berbahasa Inggris

Teman – teman hobi menonton film? Jika iya, mulailah untuk sering menonton film berbahasa Inggris. Film berbahasa Inggris pada umumnya lebih melatih kemampuan listening atau kemampuan mendengar kita dan kemampuan analisa kita terhadap apa yang diucapkan oleh aktor dalam film tersebut. Mulailah untuk menonton film berbahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle. Hal tersebut mungkin terdengar sulit, namun mulailah dari film anak - anak yang lebih mudah untuk dipahami bahasa dan gerak – geriknya.


Demikianlah beberapa cara mudah belajar bahasa Inggris yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu teman – teman yang mengalami kesulitan dalam mempelajari Bahasa Inggris. Yang terpenting dari semua itu adalah teman – teman memiliki niat dan tekad yang kuat untuk dapat menguasai Bahasa Inggris. Jika niat sudah ada dan teman – teman rajin mempelajari Bahasa Inggris, pasti kalian memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang tinggi. Selamat mencoba!

You might also like

0 Comments


EmoticonEmoticon